Rapat Koordinasi Persiapan Pembelajaran di Pondok Pesantren New Normal

Dalam Rangka Mencegah, Penularan dan Penyebaran Virus Corona di kalangan Pondok Pesantren dan sehubungan dengan kembali masuknya santri. Pengasuh Pondok Pesantren Sunni KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad menghadiri undangan dari PCNU Banyuwangi untuk mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pembelajaran di Pondok Pesantren yang akan di buka secara normal.

Adapun perihal penting yang disampaikan oleh Dinas kesehatan Kabupaten Banyuwangi, adalah Memperhatikan Masa Persiapan Masuk Pesantren. Persiapan ini sangat anjurkan kepada pihak pesantren untuk menanggulangi Pencegahan dan Penyebaran Virus Covid-19.

Tindakan yang dapat dilakukan pada masa persiapan masuk pesantren ini diantaranya ialah:

  1. Pengasuh dan pengelola pesantren dipastikan dalam kondisi sehat, dan seluruh ruangan serta fasilitas dalan keadaan steril telah disemprot dengan
  2. Membentuk satgas penanganan Covid-19 dari unsur pengurus dan dewan Asatidz yang telah dibekali pelatihan.
  3. Bekerja sama dengan Peskesmas dan Rumah Sakit terdekat untuk pelatihan satgas serta demi tersedianya tenaga medis dan Rapid Test.
  4. Menyiapkan ruangan khusus untuk ruang isolasi dan posko satgas.
  5. Tim Satgas wajib menyiapkan sarana-prasarana pencegahan Covid-19 seperti:
  6. Pengukur suhu elektronik (Termo Gund)
  7. Tangki semrot disinfektan
  8. Tempat cuci tangan dengan sabun secukupnya.
  9. Handsanitizer
  10. Menggulung seluruh karpet, sajadah dan alas tidur.
  11. Pengasuh mengumumkan kepada wali santri bahwa sebelum masuk pondok pesantren, santri harus diperiksakan kesehatannya ke dokter, puskesmas atau rumah sakit, sehingga mendapat surat keterangan sehat.

Semoga dengan tindakan yang kita lakukan dapat mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19 di Pondok Pesantren dan semoga semua santri dapat terlindungi dari virus tersebut.

Report By Yazid Fathur Rozy

 640 total views,  4 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *