Berbagi Kebaikan di Hari Raya Idul Adha Dengan Memberi Daging Hewan Kurban Kepada Masyarakat Oleh Siswa SMP dan SMK Kabat

Hari raya Idul Adha  jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan.

Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha kuasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan hari raya Kurban, karena pada hari itu kita diberi kesempatan oleh Allah untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Umat muslim yang belum diberi kesempatan untuk berhaji dapat menggantinya dengan berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan kurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Adapun hewan kurban yang bisa digunakan antara lain hewan sapi, kerbau, unta yang bisa untuk tujuh orang, sedangkan hewan kambing hanya untuk satu orang saja.

Pihak sekolah SMP dan SMK Kabat setiap hari raya idul adha mengadakan penyembelihan hewan kurban untuk dibagi-bagikan pada masyarakat sekitar.

Hal ini bertujuan untuk menebar kebaikan dan persaudaraan pada masyarakat. Pembagian daging kurban lebih diutamakan kepada masyarakat yang kurang mampu, hal ini bertujuan agar semua masyarakat terutama yang kurang mampu dapat menikmati daging kurban meskipun tidak mampu menyembelih hewan kurban sendiri.

Report by : Izak Muhibbin

 

 

Dokumentasi:

 116 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *