Extrakulikuler Pencak Silat SMK Kabat

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

Secara umum kegiatan ekstrakurikuler di SMK Kabat bertujuan untuk membentuk pribadi yang memiliki pengetahuan, menjaga dirinya sendiri, keterampilan, nilai dan sikap bagi seorang siswa sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Salah satu kegiatan extrakulikuler yang diminati oleh para siswa SMK Kabat adalah pencak silat. Pencak Silat merupakan seni bela diri tradisional asli dari Indonesia. Pencak Silat bukan hanya sekedar teknik bela diri tradisional saja, akan tetapi didalam pencak silat juga terdapat unsur-unsur yang sangat kental dengan adat dan budaya bangsa ini. Pencak Silat juga masuk kedalam cabang olahraga yang sering dipertandingkan dalam berbagai tingkat perlombaan baik hanya pertandingan Nasional maupun dikancah Internasional seperti layaknya Asian Games yang diselenggarakan 4 tahun sekali.

Para siswa yang mengikuti extrakulikuler ini diajarkan untuk melatih mereka agar lebih banyak berpikir disamping hanya sekedar menggunakan otot belaka. Pencak Silat juga memiliki peranan dalam membina jiwa dan mental para siswa yang mengikutinya. Para siswa diajarkan untuk selalu percaya diri dengan apa yang mereka miliki. Jiwa kesatria para siswa yang berlatih juga sangat dikuatkan sehingga walaupun telah menguasai berbagai macam hal mereka tidak mudah sombong dengan semua kelebihan yang mereka miliki. Gerakan yang diajarkan juga sangat membutuhkan kegesitan badan, kelincahan mental dan rasa kewaspadaan yang tinggi. Kedisiplinan juga menjadi poin penting yang diajarkan kepada siswa, karena sulitnya latihan juga lamanya waktu yang dibutuhkan agar bisa menguasai juga mendorong para siswa untuk lebih disiplin agar semua usaha yang mereka lakukan mendapatkan hasil yang maksimal.

Dari poin poin diatas diharapkan semua siwa SMK Kabat yang mengikuti extrakulikuler pencak silat dapat menjadi pribadi yang unggul dalam bermasyarakat kelak.

Demikianlah sekilas informasi tentang extrakulikuler Pencak Silat di SMK Kabat Kabupaten Banyuwangi. Semoga selau jaya SMK Kabat.

SMK Kabat merupakan lembaga yang bernaung dibawah Yayasan Sunni Indonesia yang beralamat di Jln. By Pass no 20 Kedayunan kecamatan Kabat kabupaten Banyuwangi

 

Oleh: Muhammad Azka Al Amin

Dokumentasi:

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *