Siswa Siswi MTs dan MA Sayyid Ahmad Mengikuti Penyuluhan Anti Narkoba Tahun 2012

Ratusan siswa-siswi MTs dan MA Sayyid Ahmad mengikuti penyuluhan anti Narkoba yang diadakan di ruang aula Pondok Pesantren Sayyid Ahmad. Mereka mendapat penyuluhan dari tim Puskesmas yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banyuwangi.

Siswa-siswi MTs dan MA Sayyid Ahmad dijelaskan tentang bagaimana bahaya dan dampak mengkonsumsi obat-obat yang dilarang pemerintah tersebut. Dalam kegiatan tersebut Salah satu narasumber menjelaskan apa itu narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.
“Narkotika itu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang bisa menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran dan menyebabkan ketergantungan,” jelasnya.

Sementara Psikotropika, zat atau obat baik alami maupun sintesis bukan narkotika yang dapat berpengaruh pada kerja syaraf pusat yang menyebakan gangguan mental dan perilaku seseorang yang mengonsumsi benda tersebut.. Sedangkan zat adiktif lainnya merupakan zat selain keduanya dan dapat menimbulkan ketergantungan untuk selalu ingin memakainya.

Dalam penyuluhan itu, para siswa diajak untuk benar-benar menjauhi narkoba.  Dengan Selogan ” Say No To Drugs”. Karena ketika sudah pernah mencoba mengonsumsinya akan berdampak pada ketergantungan yang akan menyebabkan  masa depan hidup kita akan hancur jika sedikit saja mencobanya. Tak banyak anak muda zaman sekarang yang masa depannya hancur karena obat tersebut. Bahkan bukan hanya merusak diri pribadi namun juga dapat merusak keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.

Dari pantauan, para peserta terlihat semangat mengikuti penyuluhan tersebut. Mereka menyimak materi yang disampaikan dengan sungguh-sungguh. Ada juga yang aktif bertanya dan bisa menjawab pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan. Mudah-mudahan kegiatan ini menambah wawasan untuk selalu menjaga diri dan keluarga khusunya bagi para siswa dan kami semua di sini dari pengaruh narkoba.

Report by Izak Muhibbin

Dokumentasi:

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *