Filosofi Simbol dan Logo Pondok Pesantren Sayyid Ahmad dan Pondok Pesantren Sunni

Logo Pondok Pesantren Sayyid Ahmad Srono Banyuwangi,  dibuat langsung oleh KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad sebagai pendiri dan pengasuh pertama pada awal tahun 2010 di Parijaah Wetan Srono Banyuwangi. Pembuatan logo dibuat memang sejak awal sudah disadari bahwa sebuah lembaga tidak bisa lepas dari keberadaan sebuah logo sebagai sebuah identitas pengenal dan pembeda dari lembaga-lembaga lainnya.

6 Cara Agar Bunga Aster Cepat Berbunga dan Selalu Merekah ...

Logo Pondok pesantren Sayyid Ahmad yang merupakan salah satu lembaga yang pengelolaannya di bawah naungan Pondok Pesantren Sunni di seluruh Indonesia yang berpusat di Srono Banyuwangi Jawa Timur ini dibuat oleh pendiri hasil dari filosofi yang terkandung dari sebuah bunga yang bernama seruni, krisan, atau krisantemum yang berarti persahabatan, keceriaan, ketangguhan dan kebahagiaan. Bunga ini juga merupakan simbol kemuliaan, kecantikan dan kemurnian. Di Jepang merupakan lambang takhta dan di Cina merupakan simbol kebangsawanan.

Disamping bunga krisan ini sendiri sudah memiliki makna, dalam logo yang dibuat oleh KH. Ainur Rofiq bagi pondok yang didirikannya tersebut terlihat ada simbol lain, yakni lafadz Allah pada bagian atas dan lafadz Muhammad pada bagian bawah di mana bagi kaum muslimin sudah tidak asing lagi terkait dengan makna lafadz Allah dan Muhammad, yakni memiliki filosofi Tauhid. Dan pada bagian tengah bawah juga terdapat gambar pena sebagai simbol ilmu.

Logo yang diistilahkan oleh KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad dengan Curse Of The Golden Flower mewakili pandangan beliau akan rumitnya kehidupan yang ditetapkan Allah yang mana tidak ada pilihan bagi seorang hamba selain ikhlas menerima takdir Allah.

Dengan logo dan simbol ini KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad berpandangan dan berharap kepada para santrinya dapat menghadapi berat dan rumitnya kehidupan dengan ikhlas dan ceria bak indahnya bunga Krisan sehingga ketangguhan sikap tersebut menghantarkan para santri meraih kemuliaan dan keimanan sehingga damai di dunia tenang di akhiratnya atas ridha Allah Subhanahu wa Taala.

 

Oleh KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad

Pengasuh PP. Sayyid Ahamad dan Sunni

Dokumentasi:

 

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *