Pondok Pesantren Sunni Gelar Peringatan Maulid Nabi

Menurut penanggalan hijriyah Pada tanggal 12 Rabiul Awal merupakan hari lahirnya Nabi Muhammad saw. Bagi umat Islam cara memperingatinya adalah dengan mengadakan acara Maulid Nabi dengan pembacaan sholawat (Barjanji) atau mauidloh hasanah yang biasa dilaksanakan di masjid maupun di musholah.

Hari sabtu, 09 November 2019 Pondok Pesantren Sunni Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi, menyambut hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw. dengan mengadakan acara Maulid Nabi yang diselenggarakan di aula pesantren serta diikuti oleh semua santri dan juga para asatid.

Lantunan Sholawat dan dzikir maulid dari para santri menjadikan situasi acara menjadi lebih meriah dan hikmat. Terlebih lagi dengan adanya “Kembang Endog” yang menjadi ciri khas di acara Maulid Nabi. Kembang endog yang berisikan telur sengaja dibuat oleh para santri yang memiliki kreativitas  dan juga menghias pohon pisang menjadi lebih menarik dengan dihiasi kembang endog.

Setelah acara selesai kembang endog tersebut dibagikan kepada para santri dan  dilanjutkan dengan makan bersama santri dan asatid dengan menu makanan ayam dan telur.

Tujuan diperingatinya hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ialah sebagai bentuk tasyakur kepada Allah SWT atas dilahirkannya Nabi Muhammad SAW, memuji kepada Nabi Muhammad SAW karena alam ini tidak akan tercipta jika tidak ada Nur Muhammad, mencari ilmu untuk bekal kita di dunia dan di Akhirat kelak. Serta melestarikan budaya Maulid Nabi yang mana akhir-akhir ini telah di anggap bid’ah dan dipermasalahkan.

Alhamdulillah acara peringatan maulid Nabi di Pondok Pesantren Sunni berjalan dengan baik. Semoga semua santri mendapatkan syafaatnya Nabi Muhammad saw. dan menjadi santri yang berkah serta diridhoi oleh Allah SWT. [yazid fathur rozy].

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *