Pondok Pesantren Sunni Memperingati Hari Santri Nasional

22 Oktober merupakan hari yang telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia (Ir.Joko Widodo) sebagai hari Santri Nasional. Hal ini adalah bentuk penghormatan dan rasa terima kasih negara kepada para alim ulama, kyai, para santri dan seluruh komponen bangsa yang mengikutinya.

Pondok Pesantren Sunni turut memperingati Hari Santri Nasional tersebut dengan mengadakan Upacara bendera  yang dilaksanakan pada hari selasa 22 Oktober tepatnya jam 08;00 di Lapangan Pondok Pesantren. Upacara tersebut diikuti oleh Kyai, dewan asatid, Pengurus Pondok dan semua santri Pondok Pesantren Sunni dengan mengenakan pakaian putih.

Upacara ini bisa dibilang unik, karena semua atribut yang digunakan dalam melaksanakan upacara tersebut sangat kental sekali dengan busana Santri, mulai dari peserta upacara, pemimpin upacara, pembina, pimpinan barisan bahkan sampai Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA). Yang biasanya menggunakan atribut seperti halnya PASKIBRA pada umumnya, tetapi mereka ikut menggunakan atribut ala santri.

Setelah pelaksanaan upacara bendera selesai, dilanjutkan dengan acara Istigosah, Khataman Al-Qur’an, dan membaca sholawat Nariyah. Sesuai dengan arahan dari pengasuh Pondok Pesantren Sunni KH Ainur Rofiq Sayyid Ahmad.

Tujuan diadakannya kegiatan ini salah satunya adalah mengharapkan berkah sekaligus memohon kepada Allah, berharap tentu agar bangsa ini selamat dari berbagai bencana, dan sekiranya Indonesia hidup damai dan menjadi negara yang penuh keberkahan dari Allah.
Adapun Alasan lainnya yaitu juga untuk mendoakan pahlawan negara yang telah gugur. tradisi doa ini sekaligus untuk mengajak generasi penerus bangsa agar tak lupa akan jasa para pahlawan.[Yazid Fathur Rozy]

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *