Peringati Sumpah Pemuda, Siswa SMK NU Kabat Selenggarakan Seminar Bahaya Narkoba

Narkoba merupakan salah satu momok paling menakutkan bagi masa depan para remaja. Berawal dari jiwa seorang pemuda yang memiliki rasa keingin tahuan yang sangat besar serta keinginan untuk mencoba hal-hal baru, maka narkoba merupakan ancaman terbesar bagi mereka.

Dari rasa keingin tahuan yang sangat besar tersebut tidak jarang para remaja terjerumus ke dalam hal-hal yang bersifat negatif, salah satunya adalah narkoba.

Sadar akan fenomena tersebut, SMK NU Kabat mengadakan seminar tentang bahaya narkoba untuk para siswa SMK. Acara tersebut menghadirkan tiga narasumber yang berbeda; Pihak kepolisian untuk menjelaskan bahaya narkoba dari sisi hukumnya, pihak dokter untuk menjelaskan bahaya narkoba dari sisi medisnya, dan pihak ulama untuk menjelaskan bahaya narkoba dari sisi agamanya.

Dibuka Secara langsung oleh KH. Amin Makmun dan KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad selaku pengasuh pesantren. Acara tersebut berjalan dengan lancar dari awal hingga selesai. Para siswa SMK sangat antusias mengikuti acara seminar tersebut, terlihat para siswa SMK berebut untuk dapat mengajukan pertanyaan kepada para narasumber.

Dalam sambutanya, pengasuh menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mendukung terlaksananya acara seminar bahaya narkoba tersebut. Beliau berharap agar acara seperti ini terus diselenggarakan pada tahun-tahun berikutnya.

Dari acara tersebut terungkap bahwa dari sisi medis narkoba sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh. Narkoba dapat mengganggu kondisi otak dan tubuh secara umum. Membunuh sel saraf dalam otak. Mengakibatkan dehidrasi. Menyebabkan bingung dan hilang ingatan. Berdampak pada timbulnya halusinasi. Serta dampak terburuknya adalah menyebabkan kejang hingga kematian.

Pihak kepolisian menyampaikan kutipan dari ditjenpp.kemenkumham, bahwa kejahatan narkotika saat ini dalam level berbahaya, karena selain merusak fisik dan mental juga dapat mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat, berpotensi menjadi penghambat pembangunan asional yang dapat mengancam keamanan dan kedaulatan Negara.

Permasalahan yang dihadapi yaitu Bagaimana Penegakan Hukum Terhadap Kejahatan Narkotika Di Indonesia Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, Bagaimana Perlindungan terhadap Anak Penyalahgunaan Narkoba Ditinjau dari Aspek Viktimologi dan Bagaimana Peredaran Sindikat Narkotika di Indonesia dalam Era Perdagangan Bebas Internasional ditinjau dari Aspek Hukum Internasional.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa penegakan hukum terhadap kejahatan Narkotika menurut Undang-Undang Narkotika dikenakan sanksi pidana penjara, pidana denda, pidana seumur hidup, dan bahkan dapat dijatuhkan hukuman mati bagi pengedarnya.

Dari sisi agama didapatkan fakta bahwa narkoba adalah salah satu faktor yang dapat menghancurkan masa depan generasi muda, oleh karena itu sebagai pelajar dan juga sebagai seorang siswa SMK harus menjauhi zat-zat tersebut. Katakan tidak pada Narkoba.

Hukum penggunaan narkoba dalam pandangan Islam menurut fatwa MUI 10 Februari 1976, bahwa penyalahgunaan dan peredaran narkoba hukumnya bersifat haram. Keputusan tersebut tentu didasari atas dalil-dalil agama yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist.

Menurut ulama, narkoba adalah sesuatu yang bersifat mukhoddirot (mematikan rasa) dan mufattirot (membuat lemah). Selain itu, narkoba juga merusak kesehatan jasmani, mengganggu mental bahkan mengancam nyawa. Maka itu, hukum penggunaan narkoba diharamkan dalam islam.

Terdapat banyak sekali dalil, baik ayat Al-Qur’an, Hadist ataupun pendapat ulama yang menjelaskan keharaman penyalahgunaan narkoba. Diantaranya yaitu:

Hadist dari Umar bin Khattab R.A.

Dari Umar bin Khattab radiallahu ‘anh, “Khamar adalah segala sesuatu yang menutup akal.” (HR Bukhari Muslim).

Hadist dari Ummu Salamah;

Dari Ummu Salamah mengatakan, “Rasulullah SAW melarang segala sesuatu yang memabukkan dan melemahkan (menjadikan lemah).” (HR Abu Daud).

Acara seminar berakhir setelah sekitar dua jam berlangsung dengan hidmat. Dalam acara tersebut juga disediakan sesi tanya jawab dari para peserta yang hadir. Dipenghujung acara pengasung menutup dengan doa keselamatan agar para siswa SMK sebagai harapan bahsa terhindar dari bahaya narkoba. [Lutfi]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *