Pelatihan Pembuatan VCO Dan Nata De Coco

Santri Pondok Pesantren Sunni melakukan pelatihan pembuatan VCO dan nata de coco untuk menambah wawasan sekaligus pengetahuan, selain itu Pondok Pesantren Sunni juga akan mengekspor hasil dari pelatihan pembuatan VCO dan Nata de coco tersebut, agar bisa membuat sebuah karya yang nantinya dapat mengembangkan pemikiran santri dan juga Pondok Pesantren Sunni

Seorang Mahasiswa UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta telah melakukan pelatihan pembuatan VCO dan Nata De Coco kepada santri Pondok Pesantren Sunni, beliau bernama Bapak Abdul Rosid, Beliau melakukan pelatihan ini karena beliau ingin melakukan pelatihan kepada santri agar para santri juga bisa menambah wawasannya dan untuk tambahan extra kulikuler yang ada di Pondok Pesantren Sunni. Sehingga para santri dapat memilih berbagai extra yang ada.

Tepatnya pada hari Rabu,18 Januari 2017 pukul 09.00 praktek tataboga kegiatan dimulai. Saat kegiatan pondok sudah mulai tertata, dan berjalan normal, para santri pun juga sudah mulai faham dengan niat tujuan pondok, maka pada hari Rabu kemaren pengasuh kami kedatangan beberapa mahasiswa Universitas UGM (Universitas Gajah Mada) untuk membagi ilmu tentang pembuatan  VCO dan Nata de coco. Sebenarnya pesantren kami sudah memiiliki life skill kerajinan pembuatan piring dari kayu dan yang diexport keluar negri. Namun karena untuk pemngembangan pondok maka diadakanlah kegiatan tersebut, guna menyediakan life skill tataboga bagi santri-santri yang mungkin terlalu berat jika mengikuti life skill kerajinan piring, Dan tentunya agar pesantren kami bisa lebih berkembang dan nantinya bisa memberikan penghasilan bagi santri yang ekonominya terbatas.

Sebagai desa yang berada ditengah-tengah kota Banyuwangi maka sangatlah strategis dalam mengembangkan sebuah usaha, usaha ini dapat mempermudah melakukan konstribusi atau pengenalan produk usaha. Sehingga bila melakukan pengenalan produk pada masyarakat sangat mudah apalagi tempat ini mudah diakses, inilah yang jadi peluang usaha bagi santri pondok Pesantren Sunni. pondok Pesantren Sunni sendiri berada ditepi jalan raya Kecamatan Srono Kota Banyuwangi. Pondok ini bersebrangan dengan SPBU Sukonatar. Karena itulah tempat atau pondok kini mudah dikenali, dan kondisi inilah yang menjadi keuntungan bagi pondok. Dalam mengembangkan usaha yang tidak boleh disia-siakan, dalam membangun sebuah usaha tempat yang strategis salah satu kuncinya, apabila pelatihan pembuatan Nata de coco ini sukses maka sangatlah tepat dalam membangun sebuah usaha bagi santri Pondok Pesantren Sunni. Sebagai Nata de coco sendiri adalah makanan ringan yang cukup bergengsi sehingga makanan ini dapat dijumpai ditoko swalayan. Maka dari itu dari bisnis Nata de coco sangatlah luas sehingga dapat dikembangkan secara meluas.

Disamping santri Pondok Pesantren Sunni fokus dalam pembelajaran umum dan diniyahnya, pengasuh juga memberikan izin kepada mahasiswa UGM (Universitas Gajah Mada) untuk melatih santri membuat VCO dan Nata de coco yang bertujuan untuk bekal para santri yang nantinya akan memberimanfaat, karena santri memang dikader mempunyai rasa kemandirian, Dimana kemandirian tersebut harus memiliki bekal yang banyak dan bekal tersebut bukan hanya sekedar ilmu umum diniyah saja,tapi juga ilmu life skill.

Dengan menggunakan bahan pokok buah kelapa pilihan serta bahan campuran lainya,dengan proses fermentasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, juga bisa dengan menggunakan cara instan. Untuk pembuatan Nata de coco ini sangat perlu tingkat ketelitian yang baik supaya proses pembuatan tersebut lancar dan juga membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Sehingga dapat di nikmati oleh para santri, dan juga di sebar luaskan kepada masyarakat untuk bisa di konsumsi. Maka dari itu kita menggunakan bahan alami dari buah kelapa agar aman untuk di konsumsi juga baik untuk kesehatan.

Alhamdulillah hasil dari pelatihan pembuatan VCO dan Nata de coco berhasil memberi manfaat bagi santri, meskipun belum dijual tapi bisa dinikmati bagi semua santri yang mengikuti pelatihan tersebut.

DOKUMENTASI KEGIATAN:

Reported By Team; Rizqiah, Wilda, Putri, Vina, Ana, Hikmah, Iklima

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *