Santri Sunni Mengikuti Pelatihan Pembuatan Piring dari Anyaman Lidi Daun Kelapa

Guna mendukung program pemerintah untuk melestarikan lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik, Pondok Pesantren Sunni Srono mengadakan pelatihan pembuatan kerajinan anyaman piring dari lidi daun kelapa. Pelatihan ini diikuti oleh santri yang telah memilih kelas unggulan kreasi.

Selain untuk melestarikan lingkungan, pelatihan ini juga bertujuan memberikan bekal kepada para santri untuk memiliki jiwa usaha mandiri. Disamping mereka memiliki bekal keilmuan agama, juga mereka memiliki bekal hidup mandiri bila kelak sudah berada di kampung halamannya masing-masing.

Bertempat di aula pondok, dengan penuh ketelatenan para ustadz mengajarkan santri cara membuat kerajinan anyaman piring dari lidi daun kelapa. Mulai dari menyiapkan bahan baku hingga finising.

Cara Membuat Anyaman Piring dari Lidi

Bahan-bahan yang digunakan:

  1. Lidi kelapa
  2. Tali rafia

Alat-alat yang digunakan:

  1. Pisau
  2. Gunting bunga

Langkah-langkah atau teknik pembuantan

  1. Pisahkan lidi dari daunnya.
  2. Lidi dipilah menjadi beberapa vagian, tergantung motif yang dipilih.
  3. Lidi dikaitkan dengan cara disisipkan dan diikat dengan tali rapia.
  4. Bila bagian atas selesai dianyam, maka dilanjut bagian bawah juga dianyam.
  5. Bila perlu dipernis agar terlihat mengkilap.
  6. Piring siap digunakan atau dijual.

Ada banyak motif piring dari anyaman lidi ini:

Motif pertama, siapkan lidi sebanyak 84 biji, kemudian lidi dipilah menjadi 7 bagian untuk dirangkai. Masing-masing bagian berisi 12 batang lidi. Hasil akhir akan terlihat pada bagian gambar.

Motif kedua, lidi dipilah menjadi 7 bagian untuk dirangkai dengan format 7 x 16 atau 7 x 12. Masing-masing bagian berisi 12 batang lidi. Hasil akhir akan terlihat pada bagian gambar.

Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar hingga akhir. Dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini. Semoga kehidupan para santri kelak dimudahkan oleh Allah. Amin.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *